Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri pada Gugus II Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Alim, Noftahul (2020) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri pada Gugus II Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NOFTAHUL_ALIM_14129185_4133_2020.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar beberapa siswa dalam pembelajaran matematika yang ditandai dengan 1) kurangnya keinginan siswa mengikuti pembelajaran; 2) kurangnya dorongan dan kebutuhan belajar dari dalam diri siswa; 3) belum adanya harapan dan cita-cita masa depan yang akan dicapai oleh siswa; 4) kurangnya penghargaan dalam belajar; 5) pembelajaran yang masih monoton; dan 6) lingkungan belajar yang kurang kondusif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri pada Gugus II Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa, dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program komputer SPSS v16.0. Teknik analisis data tersebut terdiri dari uji coba instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,785 dan r tabel dengan df = 96 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1986, yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,785 > 0,1986). Dan nilai signifikansi yang didapatkan 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang mengatakan “ada terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri pada Gugus II Kecamatan Canduang Kabupaten Agam”, diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:24
Last Modified: 19 Jan 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item View Item