Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigasion di Kelas IV SDN 18 Koto Tangah Kabupaten Agam

Petriza, Narila (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigasion di Kelas IV SDN 18 Koto Tangah Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NARILA PETRIZA_16129360_3969_2020.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru karena guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menemukan permasalahan yang sedang di belajari sehingga siswa kurang kreatif dan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Kooperatif tipe Group Investigasion di kelas IV SDN 18 Koto Tangah Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses pelaksanaan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, aspek siswa, dan aspek guru serta hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sdn 18 Koto Tangah yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada Penilaian RPP siklus I yaitu 78,75% dengan kualifikasi (B) dan pada siklus II meningkat sebanyak 22% menjadi 92,25% dengan kualifikasi (SB). Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I yaitu 79,16% dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Untuk aktivitas siswa siklus I 77,77% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus 91,66% dengan kualifikasi (SB). Penilaian hasil belajar siswa pada aspek sikap sudah bernilai baik. Pada aspek pengetahuan dan keterampilan siklus I 73,80% dengan kualifikasi (C) dan meningkat pada siklus II 90,97 dengan kualifikasi (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigasion dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:24
Last Modified: 19 Jan 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item