Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N egeri 1 Padang

Khardin, Alvien (2020) Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N egeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_ALVIEN_KHARDIN_14067046_1028_2020.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki keterbatasan dalam menyampaikan meteri menggunakan metode ceramah untuk materi yang memerlukan ilustrasi yang jelas seperti mata pelajaran Gambar Teknik. Sehingga kurangnya perhatian dan antusias siswa dalam proses pembelajaran Gambar Teknik. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran. salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah modul Gambar Teknik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan dari Plomp (2013) yang terdiri dari tahapan-tahapan: (1) tahap investigasi awal (preliminary research); (2) tahap pembuatan prototipe (development or prototyping phase); (3) tahap penilaian (assesment phase). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK Negeri I Padang. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul Gambar Teknik untuk siswa kelas X jurusan Teknik Mesin SMK/MAK. Penilaian modul pembelajaran meliputi validitas ahli materi, validitas ahli media, uji one to one, uji kelompok kecil (small group), uji praktikalitas oleh guru, uji praktikalitas oleh 32 siswa, uji pemakaian oleh 32 siswa. Validasi ahli materi mendapatkan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapatkan kategori sangat layak, uji one to one mendapatkan kategori sangat praktis. Uji small group mendapatkan kategori sangat praktis, uji praktikalitas oleh guru mendapatkan kategori sangat praktis, uji praktikalitas oleh 32 siswa mendapatkan kategori sangat layak, dan uji pemakaian oleh 32 siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modul Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:24
Last Modified: 19 Jan 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29353

Actions (login required)

View Item View Item