Karakteristik Penyetelan Celah Katup Terhadap Performa Kendaraan

Rideskal, Fernando (2020) Karakteristik Penyetelan Celah Katup Terhadap Performa Kendaraan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_FERNANDO_RIDESKAL_1306501_1059_2020.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik penyetelan celah katup terhadap performa kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakteristik penyetelan celah katup terhadap performa kendaraan.MengungkapKarakteristikdan pengaruh daripenyetelancelahkatupterhadap konsumsi bahan bakar,daya,dan torsi kendaraanrodaempat Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Perolehan data dari penelitian ini akan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Teknik analisa data ini digunakan untuk mengetahui bagaimana konsumsi bahan bakar dari Toyota Kijang 5K ketika menerapkan penyetelan celah katup standar (In 0,20 I Ex 0,30), longgar (In 0,25 I Ex 0,35), dan sempit (In 0,15 I Ex 0,25). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase konsumsi bahan bakar celah katup standar (In 0,20 I Ex 0,30) pada putaran 2000RPM (12,27ml), 3000RPM (12,57ml), 4000RPM (16,40ml).Pengujian celah katup sempit (In 0,15 I Ex 0,25) diputaran 2000RPMterjadi kenaikan sebesar 2,2ml I 17 ,92% dari pengujian 2000 RPM standar, untuk pengujian 3000RPMterjadi kenaikan 2,43ml I 19,33% dari pengujian 3000 RPM standar, dan pada pengujian 4000RPMterjadi kenaikan 0,77ml I 4,69% dari pengujian 4000RPM standar.Pengujian celah katup longgar ( In 0,25 I Ex 0,35) diputaran 2000 RPMterjadi kenaikan sebesar 1,06ml I 8,63% dari pengujian 2000 RPM standar, untuk pengujian 3000 RPMterjadi kenaikan 2,43ml I 19,33% dari pengujian 3000 RPM standar, dan pada pengujian 4000 RPMterjadi kenaikan 0,3ml I 1,82% dari pengujian 4000 RPM standar. Pengujian daya menunjukan terjadinya kenaikan saat variasi celah katup sempit sebesar 3,06 KW I 7,44% pada putaran 7000 RPM dari pengujian daya standar 41,1 KW, dan torsi terjadi kenaikan sebesar 2,37 Nm I 4,36% dari pengujian torsi standar 54,3 Nm pada putaran 7000 RPM. Sedangkan pada pengujian daya saat variasi celah katup longgar terjadinya kenaikan sebesar 0,77 KW I 1,87% pada putaran 7000 RPM, dan torsi terjadi penurunan sebesar 3,07 Nm I 5,65% pada putaran 7000 RPM dari torsi standar 54,3 Nm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:24
Last Modified: 19 Jan 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29352

Actions (login required)

View Item View Item