Penanganan Swabakar Batubara pada Temporary Stockpile Banko Barat PT. Bukit Asam (Persero ), Tbk. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Zoni, Syukra Alhamda (2020) Penanganan Swabakar Batubara pada Temporary Stockpile Banko Barat PT. Bukit Asam (Persero ), Tbk. Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_SYUKRA_ALHAMDA_ZONI_16080078_338_2020.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan batubara oleh PT. Bukit Asam yang berlokasi di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, menggunakan sistem penambangan terbuka dengan metode konvensional. Alat yang digunakan adalah Bu/dozer Komatsu WA320. Akibat adanya penumpukan batubara pada temporary stockpile sehingga berpotensi terjadinya swabakar yang akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Beberapa faktor penyebab terjadinya swabakar adalah manajemen stockpile yang kurang baik, seperti lamanya penimbunan batubara dan metode pemadatan di stockpile. Manajemen stockpile yang tidak berjalan dengan baik diantaranya tidak memakai prinsip dasar pengelolan stockpile adalah penerapan sistem FIFO (First In First Out) dan juga belum adanya pengukuran temperatur pada timbunan batubara. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya swabakar serta mengetahui bagaimana upaya penanganan dan pencegahan swabakar di timbunan PT. Bukit Asam. Hasil pengukuran menunjukan pada pemadatan dengan Bu/dozer lebih baik di terapkan dengan di dapat pengukuran jumlah temperatur dalam minggu pertama 237 ,57°C denganrata rata 33,94°C, minggu kedua di dapatjumlah temperatur 253,88°C dengan rata rata 36,27°C dan minggu ketiga di dapat jumlah 281,04°C dengan rata rata 40,15°C dari hasil pengukuranjumlah dan rata rata tersebuttelah di perkirakan akan terjadinya swabakar pada minggu ke 9, oleh karena itu pemadatan dengan Buldozer dapat mengurangi terjadinya gejala swabakar di temporary stockpile.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:23
Last Modified: 19 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item