Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Number Heads Together Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TSM Di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Saputra, Ari (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Number Heads Together Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TSM Di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_ARI_SAPUTRA_15073002_873_2020 (2).pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran yang belum menuntut peran aktif si swa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHTuntuk melihat hasil belajar. Penelitian nu menggunakan jems penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian quasi experimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TSM 1 dan X TSM 2 dengan total keduanya 51 siswa. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest terlebih dahulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan nilai tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest masing- masing kelas yaitu KLS X TSM 1 sebesar 75,96 sedangkan kelas X TSM 2 sebesar 63,65, sehingga kelas X TSM 2 yang dijadikan kelas eksperimen karena siswa nya banyak yang tidak tuntas. Kemudian setelah diberikan posttest masing- masing kelas dengan nilai rata-rata yaitu KLS X TSM 1 sebesar 82,88 sedangkan kelas X TSM 2 sebesar 80,96. Dari perhitungan Effect Size, dimana Effect Size antara pretest dengan posttest KLS X TSM 1 sebesar 0, 73 dengan kategori sedang, sedangkan KLS X TSM 2 sebesar 2,08 dengan kategori besar, artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:23
Last Modified: 19 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29342

Actions (login required)

View Item View Item