Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Di Kelas IV SD Gugus II Pasaman Barat

Safriadna, Mila (2020) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Di Kelas IV SD Gugus II Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MILA_SAFRIADNA_16129068_4080_2020.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika Peserta didik serta Peserta didik merasa bosan karena pembelajaran yang kurang dikaitkan dengan kehidupan nyata,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan Probability sampling, cara pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling dengan sampel peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 Peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 Peserta didik di SDN 12 Gunung Tuleh. Data hasil belajar FPB dan KPK dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung5,084 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α 0,05 adalah 1,67155, sehingga thitung > ttabel.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan begitu terbukti bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)berpengaruh positif terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD Gugus II Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:22
Last Modified: 19 Jan 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item