Studi Literatur: Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran

Dawati, Maghfirah (2020) Studi Literatur: Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MAGHFIRAH_DAWATI_16004022_2506_2020.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran yang rendah dipengaruhi oleh permasalahan yang terdapat pada kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru saja, peserta didik cenderung mencatat apa yang disampaikan oleh guru, kurangnya partisipasi seorang siswa dalam proses pembelajaran, guru menerangkan pembelajaran cenderung membacakan catatan untuk peserta didik dengan kalimat yang panjang sehingga peserta didik sulit dalam memahami materi pelajaran, siswa menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu, peserta didik kurang berminat membaca ulang catatan, banyak siswa yang duduk diam, siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing pada saat guru menerangkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini hendak mengetahui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada satuan pendidikan SD, SMP/MTsN, dan SMA/SMK dalam pembelajaran. Penelitan ini menggunakan penelitian studi literatur menelaah 15 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis buku serta jurnal dengan kaidah yang berhubungan dengan model Active Knowledge Sharing. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode penelitian studi literatur pada 15 jurnal yang ditelaah berkenaan dengan penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing, tedapat hasil yang diperoleh yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terlihat dari hasil telaah 10 jurnal penelitian kuantitatif dan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil telaah 5 jurnal dengan metode penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:23
Last Modified: 18 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item