Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Abdi, Lucy Wahyuni (2020) Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_LUCY_WAHYUNI_ABDI_16129336_4084_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Pada kegiatan belajar mengajar saat ini siswa lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang mandiri dalam memperoleh pengetahuan. Siswa juga cenderung kurang aktif, pembelajaran terasa monoton, dalam proses belajar mengajar sebagian siswa masih belum bisa mempunyai kemampuan untuk berfikir kreatif dan juga cenderung tidak mengajukan pertanyaan, sehingga dengan hal tersebut supaya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan siswa aktif bertanya pada proses belajar, maka guru dapat menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dalam riset ini yaitu agar dapat mengetahui keefektivan Model Problem Based Learning (PBL) pada mata pembelajaran tematik terpadu yang ada di setiap sekolah dasar. Dalam riset ini telah menggunakan Metode penelitian yaitu studi literature. Teknik pengumpulan datanya dengan menelaah dari jurnal-jurnal yang relevan sesuai dengan masalah penelitian dan ditambah dengan berbagai macam sumber buku referensi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menghubungkan antara teori yang relevan dengan permasalahan konsep peneliti yang diperoleh. Maka hasil yang di dapat bahwa model Problem Based Learning (PBL) terbukti mampu memberikan peningkatan secara efektif dalam mata pembelajaran tematik terpadu yang ada di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:23
Last Modified: 18 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29335

Actions (login required)

View Item View Item