Konsep Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Pembelajaran di Sekolah Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur)

Yani, Lingga Indra (2020) Konsep Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Pembelajaran di Sekolah Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_LINGGA_INDRA_YANI_16129056_4013_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat menjadikan siswa cepat bosan dan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran menjadi berkurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Guru hanya menggunakan metode konvensional dan dalam pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dalam mengajar seharusnya dilakukan dengan cermat, karena model pembelajaran merupakan suatu pola atau rancangan yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Tak hanya itu, dengan menggunakan metode ceramah, siswa telah disuguhkan konsep secara langsung oleh guru, sehingga siswa belum mampu menemukan konsep pembelajarannya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Penelitian dengan studi literatur adalah sebuah penelitian yang persiapannya sama dengan penelitian lainnya akan tetapi sumber dan metode pengumpulan data dengan cara mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Meskipun merupakan sebuah penelitian, penelitian dengan studi literatur tidak harus turun ke lapangan dan bertemu dengan responden Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil Hasil temuan dari hasil analisis jurnal di atas yang hasil penelitiannya yang mencapai angka maksimal adalah jurnal Edi Cahyadi. Dimana hasil jurnal tersebut memperoleh persentase siklus I sebesar 64% dan siklus II 94%. Adanya peningkatan hasil belajar siklus 1 dan 2 terjadi karena bebeberapa hal diantaranya: (1) penyusunan pembelajaran yang kontekstual mampu menggali pengetahuan awal siswa; (2) kegiatan pembelajaranbberbasis projek membuat siswa antusias dan mampu bekerja dalambkelompok. Hal ini membuat hubungan antar siswa semakin baik dan mampu meningkatkan interaksi; (3) penggunaan media audio visual mampu menarik minat siswa; (4) kegiatan pembelajaran berbasis projek mampu menggali kreativitas para siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:23
Last Modified: 18 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29334

Actions (login required)

View Item View Item