Hubungan Penerimaan Sosial dengan Self Presentation Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Syahri, Lia Mita (2020) Hubungan Penerimaan Sosial dengan Self Presentation Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_LIA_MITA_SYAHRI_16006072_4269_2020.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Tugas perkembangan sosial remaja dalam hubungan teman sebaya, dapat dikatakan berhasil ketika adanya penerimaan sosial yaitu keadaan diterima atau ditolak oleh lingkungan sosial. Kenyataanya masih ada siswa yang tidak diterima oleh lingkungan sosialnya, seperti tidak memiliki teman akrab, memilih sendiri dalam melakukan berbagai aktivitas dan sering diabaikan. Hal ini diduga karena presentasi diri siswa yang tidak tepat, sehingga siswa tidak dapat menampilkan gambaran dirinya terhadap lingkungan sosialnya dengan cara memberikan kesan yang baik. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran self presentation siswa, (2) mendeskripsikan gambaran penerimaan sosial siswa, dan (3) menguji apakah terdapat hubungan antara self presentation siswa dengan penerimaan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian sebanyak 648 siswa dari kelas XI dan XII tahun ajaran 2020/2021 SMAN 7 Padang. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 247 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala Likert melalui aplikasi google formulir secara daring/online. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional, pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebanyakan siswa memiliki self kategori tinggi dengan tingkat capaian 80,94% (2) kebanyakan tingkat penerimaan sosial siswa berada pada kategori tinggi dengan capaian 71,64%, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self presentation dengan penerimaan sosial, dengan korelasi 0,460 pada taraf signifikansi 0,000. Adanya hasil penelitian ini, disarankan kepada guru BK atau konselor sekolah membantu siswa dengan cara menyusun program Bimbingan dan Konseling, agar siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan self presentation dan penerimaan sosialnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:23
Last Modified: 18 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item