Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto

Putra, Jimi Eka (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_JIMI_EKA_PUTRA_16129182_3966_2020.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya guru mengembangkan RPP yang dibuat dalam proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru atau teacher centered, guru belum memberikan pembelajaran yang nyata kepada siswa, tidak ada rangsangan yang diberikan untuk menggali keingintahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto yang berjumlah 25 orang. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : a) RPP siklus I 84,24% (baik) dan siklus II 93,18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada siklus I 83,33% (baik) dan siklus II 91,66% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 81,94% (baik) dan siklus II 91,66% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 78,92 dan siklus II dengan rata-rata 85,06. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:22
Last Modified: 18 Jan 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item