Pengembangan Media Presentasi Menggunakan Aplikasi Prezi Dekstop Pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Kelas X Di SMK

Yoga, Alpis Ananta Pratama (2020) Pengembangan Media Presentasi Menggunakan Aplikasi Prezi Dekstop Pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital Kelas X Di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_ALPIS_ANANTA_PRATAMA_YOGA_15004041_714_2020.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media presentasi dengan menggunakan aplikasi Prezi Dekstop pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital kelas X di SMK merupakan salah satu upaya mengatasi kurangnya media belajar pada mata pelajaran SKD yang masih berfokus pada guru sebagai sumber belajar, guru hanya menerangkan pembelajaran sedangkan siswa hanya mendengarkan, sehingga siswa merasa bosan dan tidak adanya interaksi dari siswa. Media presentasi ini dilengkapi dengana audio, video, gambar, dan teks. Penelitian pengembangan media presentasi ini bertujuan untuk menghasilkan media presentasi pada mata pelajaran SKD sebagai alat atau media yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi. Jenis penelitian ini adalah model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan satu orang ahli media, kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dan siswi kelas X di SMKN 1 Kota Solok. Subjek uji praktikalitas diambil sebanyak 30 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk media presentasi yang dirancang menggunakan aplikasi Prezi Dekstop. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh validator materi dan media, hasil penilaian oleh satu orang ahli materi dikategorikan "SangatSesuai" untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli materi yaitu 4.57. Hasil validasi penilaian dari ahli media dikategorikan "Sangat Layak" untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli media yaitu 4.85. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk media presentasi berada pada kategori "SangatPraktis"digunakan dengan rata-rata penilaian keseluruhan yaitu 4.65. Jadi, berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media presentasi menggunakan aplikasi Prezi Dekstop telah Baik dan Praktis untuk dapat digunakan pada mata pelajaran SKD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:57
Last Modified: 15 Jan 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item