Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman

Felasiah, Felasiah (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FELASIAH_16129316_3967_2020.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan dalam proses Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sepeti kurikulum sebelumnya dimana peserta dididk hanya menerima dan mendengarkan apa yang di sampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman yang berjumlah 9 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 77,77% (baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,21% (baik) dan siklus II 93,72% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,19% (baik), dan siklus II 96,87% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 63,9 dan siklus II dengan rata-rata 86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:57
Last Modified: 15 Jan 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29316

Actions (login required)

View Item View Item