Studi Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Ex SMA dan Ex SMK pada Mata Kuliah Pemrograman CNC di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.

Jumadi, Dayat Ivo (2021) Studi Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Ex SMA dan Ex SMK pada Mata Kuliah Pemrograman CNC di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DAYAT_IVO_JUMADI_15067053_3526_2021.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar mahasiswa berdasarkan asal sekolah SMA dan SMK tahun masuk 2017 pada Mata Kuliah Pemrogaman CNC Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT- UNP. Nilai mahasiswa lulusan SMK dan SMA masih rendah pada matakuliah Pemrogaman CNC. 4. Munculnya anggapan bahwa mahasiswa yang berasal dari SMK di Jurusan Teknik Mesin dalam Mata Kuliah Pemrogaman CNC memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berasal dari SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal comparative. Causal comparative merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk membandingkan antara dua kelompok atau lebih dari suatu variabel tertentu. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Teknik Mesin Tahun Masuk 2017 yang telah mengambil mata kuliah CNC sebanyak 91 orang, dengan rincian mahasiswa yang berasal dari SMK 50 orang dan mahasiswa dari SMA sebanyak 41 orang. Supaya populasi Ex SMA dan Ex SMK sebanding, maka jumlah populasi pada Ex SMA dikurangi sebanyak 9 orang dan menjadi 41 orang untuk Ex SMA. Sampel penelitian berjumlah 68 orang dengan rincian 34 orang Ex SMA dan 34 orang Ex SMK. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0.868, hal ini sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa nilai signifikansi ~ 0.05, maka dapat dikatakan data kelas sampel memiliki variansi homogen.Hasil uji independen T test diperoleh nilai Sig sebesar 0.585> 0.05, maka dapat dikatakan bahwa Tidak terdapat Perbandingan yang Signifikan antara Hasil Belajar Mahasiswa Ex SMK dan Ex SMA Pada Mata Kuliah Pemrograman CNC di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. viii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:57
Last Modified: 15 Jan 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29313

Actions (login required)

View Item View Item