Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Pengguna Game Online

Warni, Eka Septia (2020) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Pengguna Game Online. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_EKA_SEPTIA_WARNI_16006119_2018_2020.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Pengguna game online dikalangan remaja dewasa ini cenderung meningkat dan tidak jarang kondisi ini membuat pengaturan diri dalam belajar mulai terganggu. Bimbingan kelompok sudah berlangsung di sekolah dan jarang digunakan untuk peningkatan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self regulated learning siswa pengguna game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Experiment The Non Equivalent Control Group. Siswa pengguna game online merupakan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner self regulated learning, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signde Ranks Test. Hasil Penelitian menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self regulated learning siswa pengguna game online. Secara khusus temuan dari penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan yang signifikan self regulated learning siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan self regulated learning siswa pengguna game online. Temuan ini membawa implikasi bagi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan self regulated learning siswa pengguna game online melalui layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:55
Last Modified: 14 Jan 2021 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29308

Actions (login required)

View Item View Item