Analisis Sikap Spiritual dan Sosial dalam Proses Pembelajaran IPA-Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 20 Padang

Puspitasari, Winda (2021) Analisis Sikap Spiritual dan Sosial dalam Proses Pembelajaran IPA-Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WINDA_PUSPITASARI_16031123_717_2020.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penilaian sikap pada Kurikulum 2013 diperlukan untuk mempersiapkan generasi yang berakhlak dan beradab sesuai dengan tujuan dari kurikulum ini. Guru bertugas melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap kompetensi peserta didik, tidak hanya dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan saja. Penelitian ini dikhususkan pada penilaian aspek sikap yaitu sikap spiritual dan sikap sosial, karena dalam praktiknya proses pembelajaran di sekolah cenderung lebih terfokus pada pencapaian perubahan kompetensi pengetahuan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sikap spiritual dan sosial dalam proses pembelajaran IPA-Biologi peserta didik Kelas VIII SMPN 20 Padang. Aspek sikap yang diamati antara lain: 1) menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut, 2) jujur, 3) disiplin 4) tanggung jawab, 5) santun, 6) percaya diri, 7) peduli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 20 Padang sebanyak 241 orang dan sampel penelitian sebanyak 96 orang yang diambil dengan menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi lalu dilakukan analisis persentase untuk mengetahui skor rata-rata yang diperoleh dari dua instrumen penilaian yang digunakan. Data yang didapatkan akan disajikan melalui gambar agar lebih mudah dipahami. Sikap spiritual peserta didik Kelas VIII SMPN 20 Padang termasuk kriteria baik pada aspek menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Sikap sosial peserta didik Kelas VIII SMPN 20 Padang termasuk kriteria baik pada lima aspek sikap yang diamati, yaitu 1) disiplin, 2) tanggung jawab, 3) santun, 4) percaya diri, dan 5) peduli, sedangkan satu aspek sikap lainnya termasuk pada kriteria cukup yaitu aspek sikap jujur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:00
Last Modified: 25 Mar 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item