Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 19 Aur Tajungkang Tangah Sawah Kota Bukittinggi

Garingging, Asni Saragih (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 19 Aur Tajungkang Tangah Sawah Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ASNI_SARAGIH_GARINGGING_16129293_4213_2020.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan ditemukan bahwa : 1) Guru kurang melakukan analisis sebelum membuat RPP dan masih menyalin yang tertulis pada buku guru, 2) Minimnya guru dalam menggunakankan model pembelajaran yang bervariasi, 3) Guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga pada proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa lebih cenderung untuk mendengarkan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, 4) Guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Model Cooperative Script dalam pembelajaran tematik terpadu Kelas V SDN 19 Aur Tajungkang Tangah Sawah Kota Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus, dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Teknik penelitian ini adalah observasi dan tes. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses pelaksanaan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, aspek guru, dan aspek siswa serta hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 19 Aur Tajungkang Tangah Sawah yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I yaitu 88,89% dengan kualifikasi (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 97,2% dengan kualifikasi (SB). Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi (SB). Untuk aktivitas siswa siklus I 79,68% dengan kualifikasi (C) dan meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi (SB). Penilaian hasil belajar siswa siklus I 76,69 dengan kualifikasi (C) dan meningkat pada siklus II 84,67 dengan kualifikasi (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:55
Last Modified: 14 Jan 2021 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29282

Actions (login required)

View Item View Item