Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan iSpring pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA

Ilman, Ahwa (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan iSpring pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AHWA_ILMAN_16004074_3636_2020.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android, dengan menggunakan Software iSpring dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa saat pandemi Covid-19, dimana siswa tidak aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (online). Oleh karena itu dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android, diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang di alami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan praktis sesuai kriteria kelayakan materi dan media pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 12 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D), dalam penelitian ini mencakup aspek pengembangan produk, validitas dan praktikalitas. Model pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yaitu model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Analisis meliputi analisis kebutuhan dan analisis isi. Pada tahap perencanaan membuat flowchart dan storyboard. Pengembangan produk dengan memasukkan semua elemen media yang dibutuhkan ke dalam aplikasi. Implementasi dilakukan pada siswa kelas XI SMA. Tahap evaluasi produk sebagai penilaian kepraktisan produk dalam pembelajaran. Produk yang penulis kembangkan sudah termasuk ke dalam kategori valid, dari segi media maupun materi yang dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil uji coba produk, didapatkan hasil dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan yang didapatkan yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:35
Last Modified: 12 Jan 2021 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item