Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 02 Kubang, Kabupaten Lima Puluh Kota

Gusmarini, Adriani (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 02 Kubang, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ADRIANI_GUSMARINI_16129248_4038_2020.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi mengatakan bahwa hasil pembelajaran yang diperoleh siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar belum maksimal. Ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran belum berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model TAI dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan inovasi dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek peneltian adalah semua siswa kelas IV SDN 02 Kubang dengan 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 90,27% (SB) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 84,16% (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,66% (SB). Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I adalah 81,67% meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Pada hasil belajar siswa rata-rata siklus I yakni 76,89 (C) meningkat pada siklus 2 menjadi 83,6 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan meggunakan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:34
Last Modified: 12 Jan 2021 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item