Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang

Fitri, Julia (2020) Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JULIA_FITRI_16016074_1693_2020.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga.Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 lPadang sebelum menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri.Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang sesudah menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri.Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik TTW berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen untuk melihat perlakuan tertentu terhadap suatu kondisi.Rancangan atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Rancangan ini menggunakan satu kelompok subjek dalam kelas tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis sesudah menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata nilai 81,51 (melebihi KKM yang telah ditentukan), sedangkan keterampilan menulis sebelum menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata- rata nilai 76,95 (di bawah KKM). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang.Hal itu terlihat dari besaran angka yang diperoleh sebelum dan sesudah menggunakan gambar berseri tidak jauh berbeda, yaitu 4,56.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:06
Last Modified: 21 Jan 2021 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item