Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N egeri 1 Sumatera Barat.

Hidayat, Adhitya (2021) Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N egeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ADHITYA_HIDAYAT_1106750_3125_2021.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, dimana masih banyak siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi lingkungan keluarga dan cara belajar secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metode penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 96 orang dan sampel berjumlah 49 orang siswa kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik acak (simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Sedangkan data lingkungan keluarga dan cara belajar siswa dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ( 1) lingkungan keluarga dan cara belajar siswa secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 37,99%. (2) lingkungan keluarga berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 23,88%, (3) cara belajar siswa berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebesar 26,39%. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan cara belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, semakin harmonis, mendukung, dan bagusnya lingkungan keluarga dan semakin baik, efektif dan efisien cara belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:44
Last Modified: 11 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item View Item