Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang

Zainil, Yetti and Ratmanida, Ratmanida and Fatimah, Sitti and Anwar, Desvalini (2018) Stimulated Recall Interview (SRI): Analisa Penggunaan Bahasa Target di Kelas Bahasa Inggris SMP di Kota Padang. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_238_lapakh_YettiLaporanakhirPenelitianUNP2018.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena alih kode (code-switching) oleh guru di sekolah menengah pertama dan persepsi mereka terhadap alih kode di dalam interaksi kelas dalam konteks Bahasa Indonesia (L2) sebagai bahasa formal, bahasa Minang sebagai bahasa ibu siswa (L1) dan bahasa Inggris sebagai bahasa sasaran (TL). Guru beralih kode dengan alasan pedagogis dan sosial (Caukill, 2015; Wardaugh, 2010), akan tetapi pertanyaannya adalah apakah para guru ini memahami kapan dan kenapa mereka beralih kode? Banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan bahasa ibu yang tidak berlebihan dalam interaksi murid dan guru di kelas bahasa asing berdampak positif terhadap pemerolehan bahasa asing oleh siswa, akan tetapi belum ada penjelasan yang cukup detail tentang hal ini (Cook, 2001; Lo, 2015; Waer, 2012). Kurikulum bahasa Inggris di Indonesia khususnya untuk tingkat sekolah menengah pertama menekankan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam interaksi belajar mengajar di dalam kelas akan tetapi kurikulum ini belum memberikan batasan mengenai penggunaan L1 di dalam kelas. Dengan kata guru belum punya pedoman untuk beralih kode. Penelitian ini menggunakan Conversation analisis (CA) untuk melihat penggunaan bahasa yang dominan oleh guru di dalam kelas bahasa Inggris di sekolah menengah pertama di Kota Padang. Data berupa rekaman video interaksi guru dan murid dalam kelas serta rekaman audio Stimulated Recall Interview (SRI) dengan guru dianalisa untuk melihat kapan dan kenapa guru beralih kode. Dari data tersebut akan ditulis makalah yang akan dipresentasikan pada seminar internasional dan jurnal internasional. Luaran tambahan yang diharapkan adalah buku teks untuk pedoman guru dalam beralih kode. Jurnal yang akan dituju untuk mendiseminasikan hasil penelitian adalah Lingua Didaktika UNP, jurnal GEMA terbitan Universiti Kebangsaan Malaysia dengan H-Index 9 dan jurnal Theory and Practice in Language Studies terbitan Academy Publisher dengan H-Index 4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:44
Last Modified: 11 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29262

Actions (login required)

View Item View Item