Peningkatan Basil Belajar Mata Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM)dengan Menerapkan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak.

Ardhan, Yovi (2021) Peningkatan Basil Belajar Mata Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM)dengan Menerapkan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YOVI_ARDHAN_15067109_1679_2020.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian mt adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin dengan penerapan model pembelajaran kooperatiftipe STAD (Student Team Achievement Division). Metodologi penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di kelas X TP 1 dengan jumlah siswa 29 orang, yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan, peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes. Mata Pelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Pada siklus I adalah 72,41% dan pada siklus II adalah 100%. Selain hasil belajar siswa, aktivitas belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I berada pada kategori baik dan baik sekali dan pada siklus II berada pada kategori baik sekali . Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X TP 1 SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:43
Last Modified: 11 Jan 2021 04:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item