Pengembangan LKPD dan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Prakarya Materi Kerajinan di Kelas VII SMP

Wisdiarman, Wisdiarman and Hafiz, Abd. and Syafwan, Syafwan (2018) Pengembangan LKPD dan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Prakarya Materi Kerajinan di Kelas VII SMP. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_257_lapakh_LAPORANAKHIRPPTPNBPWISDI2018A.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan guru sebelum mengajar antara lain Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keduanya memberi pengaruh yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Namun saat ini pembelajaran Prakarya khususnya materi kerajinan di SMP belum lagi menggunakan LKPD dan RPP berbasis pendekatan saintifik. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengembangkan LKPD dan RPP berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran prakarya materi kerajinan yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan d i k e l a s V I I S MP , s e h i n g g a d a p a t meningkatkan proses pembelajaran rakarya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan perangkat 4-D model, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Sedangkan kualitas LKPD dan RPP dideskripsikan meliputi kelayakan LKPD dan RPP dari para ahli, kepraktisan LKPD dan RPP ditinjau dari respon guru dan peserta didik dan efektifitas LKPD dan RPP ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan memberikan lembar validasi, angket dan memberikan tes hasil belajar. Intrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat, angket dan tes hasil belajar. Sebagai luaran dari penelitian ini adalah publikasi internasional, HAKI dan buku ajar. Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa LKPD dan RPP yang dikembangkan untuk mata pelajaran Prakarya materi kerajinan telah memenuhi kriteria valid dari segi pendekatan, isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD dan RPP berbasis pendekatan sauntifik yang dikembangkan untuk mata pelajaran seni budaya materi seni rupa sudah valid dan siap untuk uji coba skala besar dikelas VII SMP Bukittinggi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:08
Last Modified: 08 Jan 2021 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29247

Actions (login required)

View Item View Item