Tinjauan Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran Mata Pelaj aran Biologi Kelas X dan XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Rahmadayanti, Chyntia (2021) Tinjauan Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran Mata Pelaj aran Biologi Kelas X dan XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_CHYNTIA_RAHMADAYANTI_16031084_505_2020.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari belum terlaksananya pembelajaran mata pelajaran Biologi yang berdasarkan kurikulum 2013 secara optimal di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran Biologi Kelas X dan XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang meliputi, context, input, process, dan product. J enis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X dan Kelas XI IPA serta guru mata pelajaran Biologi Kelas X dan XI IPA. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran Biologi dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Tingkat ketercapaian baik - tidak baiknya keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran biologi di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan pada Kelas X IPA sebesar 70.53%, Kelas XI IPA sebesar 70.34%, serta data yang diperoleh dari guru mata pelajaran biologi Kelas X dan XI IPA tingkat ketercapaiannya sebesar 73% yang berada pada kategori baik. Artinya keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran biologi di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sudah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi, baik dalam proses memulai pelajaran, kegiatan inti pelajaran, pengelolaan kelas serta kemampuan mengakhiri pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:55
Last Modified: 06 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29244

Actions (login required)

View Item View Item