Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kadar Alkohol dan Kadar Formalin Pada Minuman Ataupun Makanan Menggunakan Sensor MQ-3 Dan Modul MP3 berbasis Arduino MEGA.

Abdillah, Ridho Abi (2021) Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kadar Alkohol dan Kadar Formalin Pada Minuman Ataupun Makanan Menggunakan Sensor MQ-3 Dan Modul MP3 berbasis Arduino MEGA. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIDHO_ABI_ABDILLAH_16066032_2295_2021.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Pembuatan Proyek Akhir ini dilatar belakangi oleh Penggunaan alkohol dan formalin banyak beredar dipasaran. Alkoho 1 dan formalin merupakan suatu zat yang apabila di gunakan atau di konsumsi secara ber le bihan dan terus menerus akan membahayakan kondisi tubuh konsumen. Dalam bentuk produk minuman ataupun makanan, karena jumlah pemakaian alkohol dan formalin dalam minuman ataupun makanan sangat banyak maka tidak mengherankan apabila keracunan akut maupun kronis akibat alkohol dan formalin sering terjadi. Proses perancangan dan pembuatan sistem secara keseluruhan menggunakan metode Reserve Engineering dengan mengikuti beberapa tahap yaitu: 1) melakukan pembuatan sistem, 2) pembuatan perangkat keras, 3) perancaangan perangkat lunak, 4) rancangan fisik alat dan melakukan pembuatan alat. Dari hasil Perancangan Dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kadar Alkohol Dan Kadar Formalin Pada Minuman Ataupun Makanan dapat disimpulkan alat ini dapat bekerja dengan baik menggunakan Mikrokontroler Arduino MEGA sebagai pusat pengontrolnya. Dengan sistem pendeteksi kadar alkohol dan kadar formalin pada minuman ataupun makanan, dapat dilakukan denganbaik oleh sensor MQ 3 dan sensor MQ 135.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:57
Last Modified: 07 Jan 2021 05:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29243

Actions (login required)

View Item View Item