Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik Siswa di SMA Negeri 8 Padang

Firnanda, Gilang (2020) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik Siswa di SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_GILANG_FIRNANDA_16006065_3227_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Dukungan sosial teman sebaya merupakan suatu dukungan sosial yang paling dibutuhkan siswa di sekolah. Dukungan sosial yang diterima dapat membuat individu merasa lebih senang, diperhatikan, dicintai dan timbul rasa percaya diri. Sokongan yang diberikan bisa menjadi faktor protektif individu untuk mencegah dan membuat dirinya terhindar dari stres akademik. Stres akademik adalah stres yang berkaitan dengan kegiatan belajar siswa di sekolah, berupa ketegangan-ketegangan yang bersumber dari faktor akademik yang dialaminya baik itu beban tugas, kerja dan tuntutan belajar siswa, sehingga mempengaruhi fisik, emosi, dan tingkah laku siswa. Penelitian ini bertujuan mengungkap gambaran tentang hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik siswa di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan populasi sebanyak 883 siswa dan sampel 130 siswa pemilihan sampel menggunaka teknik stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berskala yang disusun sendiri dalam pengumpulan data menggunakan aplikasi google forms. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi dengan persentase 37%, 2) stres akademik siswa berada pada kategori sedang dan tinggi dengan persentase 37% dan 35%. 3) terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik siswa dengan tingkat korelasi sedang, dengan besar r hitung -0.405 taraf signifikansi 0,000 dengan probilitas 0.01. Besarnya korelasi -0.405 yang bermakna negatif artinya jika dukungan sosial teman sebaya rendah maka stres akademik yang dialami siswa cenderung tinggi. Sebaliknya, jika dukungan sosial teman sebaya tinggi maka stres akademik yang dialami siswa cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:57
Last Modified: 07 Jan 2021 05:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item