Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya

Rahma, Aminatu (2020) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AMINATU_RAHMA_16129156_2898_2020.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Model Discovery Learning merupakan salah satu model yang cocok dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran di kelas adalah pembelajaran yang menjadikan peserta didik lebih aktif dan bisa menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Dalam mempelajari matematika, konsep harus dipahami terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan soal-soal yang ada, karena penyelesaian soal-soal matematika sangat bergantung pada pemahaman konsep. Tetapi kenyataanya peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi pecahan tidak sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain yang digunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya, yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 195 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 peserta didik dan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa tes essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 dan dk= n1 + n2 – 2= 17 + 20 – 2= 35 diperoleh thitung (2,49) dan ttabel (1,68957). Sehingga thitung>ttabel, dimana 2,49>1,68975. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Gugus II Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:56
Last Modified: 07 Jan 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29224

Actions (login required)

View Item View Item