Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli

Marisya, Aulia (2020) Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AULIA_MARISYA_16129295_4074_2020.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa permasalahan yang terdapat dalam hasil observasi pembelajaran dalam beberapa temuan penelitian yang dilakukan oleh ahli terdahulu. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Mendeskripsikan pengertian model Discovery Learning menurut pandangan para ahli, 2) Mendeskripsikan langkah - langkah model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli, dan 3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Jenis data yang digunakan ialah data sekunder, yakni data yang diperoleh bukan dari pengamatan langsung, tetapi dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu. Data sekunder dalam penelitian ini ialah hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal di Google Scholar dan Research Gate. Discovery Learning merupakan model yang siswa mengajarkan siswa untuk aktif menemukan sendiri materi atau konsep pembelajaran tanpa harus menunggu materi yang disuguhkan oleh guru, sehingga konsep pembelajaran tersebut lebih tahan lama diingatan siswa. Langkah-langkah model Discovery Learning ialah 1) Stimulation (Pemberian rangsangan/stimulus), 2) Problem Statement (Pernyataan/identifikasi masalah), 3) Data Collection (Pengumpulan Data), 4) Data Processing (Pengolahan Data), 5) Verification (Pembuktian), 6) Generalization (Menarik Kesimpulan/generalisasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning pada pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu, sehingga berimbas pada meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:56
Last Modified: 07 Jan 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29220

Actions (login required)

View Item View Item