Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Mikro Seni Rupa Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Latihan Praktik Mengajar Mahasiswa

Awrus, Suib and Wikarya, Yusron (2018) Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Mikro Seni Rupa Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Latihan Praktik Mengajar Mahasiswa. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_265_lapakh_LAPORANAKHIRSUIB2018.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran mikro seni rupa berbantuan video pembelajaran yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam perkuliahan pembelajaran mikro di jurusan seni rupa. Penelitian yang diusulkan ini sejalan dengan renstra penelitian UNP dalam bidang unggulan pendidikan dan ilmu pendidikan dengan topik unggulannya adalah pengembangan bahan dan media pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan perangkat 4-D model, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian di lakukan di jurusan seni rupa FBS UNP. Sebagai luaran dari penelitian ini adalah dan publikasi ilmiah pada proseding internasional, HKI serta buku ajar ber ISBN. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket, melakukan observasi dan memberikan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data/ instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi perangkat, lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar pembelajaran mikro seni rupa berbantuan video pembelajaran. Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa bahan ajar pembelajaran mikro berbantuan video pembekajaran yang telah memenuhi kriteria valid dari segi isi, media, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pembelajaran mikro berbantuan video pembekajaran yang dikembangkan sudah valid.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2021 05:56
Last Modified: 07 Jan 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item