Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa di SMPN Bukittinggi

Pebriyeni, Eliya and Sandra, Yofita and Fitryona, Nessya (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa di SMPN Bukittinggi. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_288_lapakh_LAPORANAKHIRELIYAYENI2018BR.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran seni budaya materi seni rupa berbasis pendekatan saintifik di SMP kota Bukittinggi. Deskripsi pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini meliputi deskripsi tentang RPP dan proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru seni budaya di SMPN 6 dan SMPN 8 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Pertama; guru seni budaya SMPN 6 dan SMPN 8 Bukittinggi sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan pendekatan saintifik. Tetapi dalam perumusan masing-masing langkah belum sesuai dengan ketentuannya. Kedua; guru seni budaya SMPN 6 dan SMPN 8 Bukittinggi belum lagi melaksanakan strategi pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini karena ketidak pahaman guru terhadap penggunaan model dan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2021 01:09
Last Modified: 07 Jan 2021 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item