Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD Negeri 21 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Effendi, Ridwan (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD Negeri 21 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIDWAN_EFFENDI_16129213_3823_2020.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalamproses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pebelajaran, yaitu siklus 1 dengan rata-rata 81,94 % (baik) dan siklus II dengan rata-rata 91,66% (sangat baik). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 81,9% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 94,4% (sangat baik) serta aktivitas siswa dimana siklus I dengan rata-rata 80,55% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 94,4 % (sangat baik). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,02 dan siklus II dengan rata-rata 81,49. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:52
Last Modified: 05 Jan 2021 04:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item