Pengaruh Model Pembelaj aran Quick On The Draw Terhadap Aktivitas dan Has ii Belajar Peserta Didik PadaMataPelajaranIPA Kelas VIII SMPN 13 Padang

Sherlyani, Azzahra (2021) Pengaruh Model Pembelaj aran Quick On The Draw Terhadap Aktivitas dan Has ii Belajar Peserta Didik PadaMataPelajaranIPA Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AZZAHRA_SHERLYANI_16031073_190_2020.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang di hadapi guru IPA yaitu pembelajaranyang masih berpusat pada guru, sehinggapeserta didik kurang aktif dan mengakibatkanhasil belajar belum mencapaiKKM (78). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quick On The Draw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest Control-Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 8 SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2019/2020.Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen (80, 17) dan kelas kontrol (67,67). Analisis data menggunakan uji-t menunjukan bahwa trutung (5,55) > ttabel (1,67). Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quick On The Draw berpengaruh positif berarti terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item View Item