Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA

Dinata, Agil Aditya (2021) Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AQIL_ADITYA_DINATA_15035052_415_2020.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2018 mengembangkan dan menyempumakan pola pikir siswa. Salah satunya penguatan pola pembelajaran interaktif (interaktif guru peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lainnya) dan penguatan pola pembelajaran berbasis multimedia. Untuk itu perlu dikembangkannya bahan ajar berupa media pembelajaran sesuai tuntutan dari kurikulum 2013, salah satu media pembelajaran tersebut adalah elektronik modul (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul larutan penyangga berbasis discovery learning untuk kelas XII SMA/MA. J enis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D) dan model 4-D dengan 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validitas dan praktikalitas. E-modul ini divalidasi oleh 2 orang dosen Kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMA Pertiwi 1 Padang, sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 26 orang siswa kelas XII MIA SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil penelitian ini diperoleh uji validitas sebesar 0,92. Hasil ini menunjukkan kategori sangat tinggi. Sementara, Uji Praktikalitas yang meliputi Guru dan Siswa memberikan hasil sebesar 0,94 dan 0,83. Kedua hasil ini menunjukkan kategori sangat tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul Lautan Penyangga berbasis discovery learning untuk kelas XI SMA/MA yang dihasilkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29194

Actions (login required)

View Item View Item