Optimasi Biaya Distribusi Pengiriman Beras Sejahtera pada Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat dengan Kombinasi North West Corner Method (NWCM) dan Stepping Stone Method (SSM)

Feriza, Yeni (2021) Optimasi Biaya Distribusi Pengiriman Beras Sejahtera pada Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat dengan Kombinasi North West Corner Method (NWCM) dan Stepping Stone Method (SSM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YENI_FERIZA_15030019_1089_2020.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah yang sering dihadapi dalam pendistribusian barang.Persoalan yang ingin dipecahkan oleh model transportasi adalah penentuan distribusi barang yang akan meminimumkan biaya total distribusi. Seperti pendistribusian beras sejahtera pada Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat yang dilakukan pada tiga kabupaten yaitu, kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai. Pendistribusian ini memiliki kendala biaya distribusi dalam pengiriman beras sejahtera, yaitu mengeluarkan dana yang cukup besar untuk kegiatan pendistribusian. Salah satunya pendistribusian pada Kabupaten Padang Pariaman yang dilakukan dari dua gudang ke Kecamatan-kecamatan. Keputusan mengenai rute pengiriman beras sejahtera dari dua gudang ke kecamatan-kecamatan belum mengoptimalkan biaya distribusi. Oleh karena itu suatu metode transportasi diperlukan untuk mencari solusi terbaik dari persoalan transportasi (pengangkutan) barang atau produk dari gudang/pabrik ke tempat tujuan dengan biaya termurah. Metode yang digunakan adalah North West Corner Method (NWCM) dan Stepping Stone Method (SSM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat pada bulan Mei 2019. North West Corner Method (NWCM) menghasilkan biaya sebesar Rp 27.967.340. Kemudian diperoleh biaya dengan menggunakan Stepping Stone Method (SSM) sebesar Rp 25.227.010 yang dapat menurunkan biaya sebesar 12% yang merupakan biaya optimum pengiriman beras sejahtera. Karena biaya pengiriman beras sejahtera yang dikeluarkan Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat pada bulan Mei 2019 adalah sebesar Rp 28.562.140.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29181

Actions (login required)

View Item View Item