Pemanfaatan Kanal Youtube dalam Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Interaktif pada Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang

Putra, Irdhan Epria Darma and Putra, Agung Dwi and Ferdian, Robby (2018) Pemanfaatan Kanal Youtube dalam Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Interaktif pada Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang. Project Report. Fakultas Bahasa dan Seni UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
3 2018 Laporan Penelitian Irdhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Teori Musik sebagai garda depan mata kuliah lainnya di Prodi Pendidikan Musik UNP tentu harus mampu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran teori musik bagi mahasiswa secara optimal, mengingat perannya yang sangat fundamental. Namun faktanya, Prodi Pendidikan Musik UNP sampai saat ini (tahun kedua berjalan) masih belum memiliki modul pembelajaran teori musik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran teori musik. Oleh karenanya, tim peneliti sangat tertarik mengkaji dan meneliti mata kuliah ini untuk dapat mengembangkan bahan ajarnya menjadi sebuah modul pembelajaran yang menarik, sistematis, konstruktif, interaktif, serta akrab dengan gaya hidup mahasiswa kekinian yang tidak bisa jauh dari gadget, internet, maupun media sosial berbagi video seperti halnya YouTube. Pertimbangan untuk mengembangkan modul pembelajaran teori musik interaktif dengan memperhatikan gaya hidup mahasiswa saat ini, menjadi kunci bagi penelitian ini. Faktanya, media sosial yang paling sering diakses mahasiswa untuk pembelajaran musik secara instan adalah YouTube. Oleh karenanya, tim peneliti akan memanfaatkan YouTube dengan cara membuat kanal khusus pembelajaran teori musik yang dikombinasikan dengan modul pembelajaran teori musik interaktif dalam bentuk cetak. Dalam penelitian ini, tim peneliti menerapkan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE karena diyakini efektif untuk digunakan sebagai pengembangan modul pembelajaran interaktif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jan 2021 05:51
Last Modified: 20 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29180

Actions (login required)

View Item View Item