Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik, Antara Menggunakan Model Number Head Together(NHT) Disertai Ujian Berupa Objektif Dengan Essay Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 7 Padang

Halimah, Nur (2021) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik, Antara Menggunakan Model Number Head Together(NHT) Disertai Ujian Berupa Objektif Dengan Essay Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_3_NUR_HALIMAH_1305690_1276_2020.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik, antara menggunakan model Number Head Together (NHT) disertai ujian berupa objektif dengan essay pada KD 3.2 mengenai materi keanekaragaman hayati Di SMAN 7 Padang. Teori yang digunakan evaluasi pembelajaran, hakikat tes objektif, dan hakikat tes essay. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu, rancangan penelitian yang digunakan adalah Two Group Posttes Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XIPA SMAN 7 Padang pada Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel berupa kelas XIPA4 dan XIPA5 yang terbagi menjadi kelas eskperimen I dan II data di peroleh melalui angket berupa soal tes yang diujikan terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X SMAN 7 Padang. Hasil penelitian kelas eksperimen I peserta didik menerapkan model Number Head Together(NHT) pada soal essay dan kelas eksperimen II peserta didik menerapkan model Number Head Together(NHT) pada soal objektif. Sehingga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen II lebih tinggi dari pada kelas eksperimen I. Jadi, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberikan kedua perlakuan ini yaitu pada kelas ekpserimen II 80 dan kelas eksperimen I 67,35.Dapat kesimpulan bahwa perbedaan kedua perlakuan tersebut di dapat pada perlakuan soal essay lebih berpengaruh positif dibandingkan perlakuan soal objektif materi keanekaragaman hayati peserta didik kelas XIPA SMAN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:16
Last Modified: 05 Apr 2021 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item