Pengaruh Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh

Agusti, Fardatil Aini (2021) Pengaruh Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_1_FARDATIL_AINI_AGUSTI_16029058_658_2020.docx

Download (9kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Namun kemampuan penalaran peserta didik masih tergolong rendah.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik ialah dengan menerapkan model pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan model REACT terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik serta menganalisa dan mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model REACT lebih baik daripada kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah gabungan dari penelitian quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020 dengan kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan VIII 8 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik. Data nilai kuis dianalisis berdasarkan persentase jumlah peserta didik, rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per indikator. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara umum perkembangan kemampuan penalaran matematis peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran REACT terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran REACT lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29175

Actions (login required)

View Item View Item