Arnellis, Arnellis and Suherman, Suherman and Amalita, Nonong (2018) Pengembangan Learning Trajectory Kalkulus Berbasis High Order Thinking Skills dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Siswa SMA Kota Padang. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.
|
Text
1_324_lapakh_0_ARNELLISLAPORANAkhir_PTPDes2018.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan Learning Trajectories (LT) merupakan pengembangan alur lintasan belajar dalam materi kalkulus yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi atau high order thinking skills (HOTS). Kalkulus merupakan salah satu topik yang dipelajari di SMA, dan dianggap sulit oleh siswa dalam mengkonstruksikan pemahaman yang diperolehnya. Siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal- soal Kalkulus, karena tidak memahami maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, HLT telah dirancang dan diperoleh HLT yang valid dan praktis materi Kalkulus pada tahun pertama penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan Learning Trajectories yang telah dihasilkan pada materi Kalkulus berbasis HOTS dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Di samping itu, hasil dari penelitian ini ditargetkan dapat dipublikasikan di jurnal internasional dan menjadi topik skripsi bagi beberapa mahasiswa. Dalam penelitian sebelumnya sudah diperoleh LT yang valid dan praktis. Namun masih terdapat beberapa kelemahan yang harus disempurnakan yaitu disain LT dapat diterapkan sehingga efektifitas LT tercapai. Untuk itu dalam penelitian lanjutan ini akan dilakukan penyempurnaan LT dengan mengimplementasikannya pada pembelajaran matematika SMA Seperti pada penelitian sebelumya, tahap-tahap penelitian yang dilakukan meliputi studi literatur tentang LT, HOTS, dan RME, dan melakukan efektifitas desain LT. Hasil desain LT yang telah valid dan praktis kemudian diukur dan dinilai untuk mengetahui efektifitas Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa Learning trajectory kalkulus topik fungsi pada tahap uji coba melihat efektivitas dikatakan kategori efektif. Terbukti pada tahap implementasi, motivasi muncul sikap positif seperti siswa aktif, senang, dan antusias mengikuti pelajaran. Kemampuan berpikir tingkat tinggi secara keseluruhan lebih baik setelah menggunakan produk yang dikembangkan, ini terbukti nilai tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ditemukan nilai rata-rata pos tes kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol setelah diberikan perlakuan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 04:10 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 04:10 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29156 |
Actions (login required)
View Item |