Pengembangan Local Instructioal Theoryberbasis Realistic Mathematics Education

Fauzan, Ahmad and Irwan, Irwan (2018) Pengembangan Local Instructioal Theoryberbasis Realistic Mathematics Education. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_329_lapakh_Laporan100.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan local instructional theory (LIT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa/mahasiswa. LIT adalah teori khusus tentang bagaimana cara membelajarkan suatu topik matematika, yang terintegrasi dalam Buku Guru/Dosen dan Buku Kerja Siswa/Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan penelitian disain (design research) yang digagas oleh Plomp dan Gravemeijer & Cobb, yang dicirikan oleh suatu proses siklis dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Semua proses ini direalisasikan dalam dua tahun penelitian. Pada tahun I telah dirancang lima hypothetical learning trajectory (HLT), sebagai cikal bakal dari LIT, yaitu untuk topik Himpunan, Aritmatika Sosial, Barisan dan Deret, Statistika, dan Matriks. Masing-masing HLT dilengkapi dengan Buku Guru dan Buku Kerja Siswa. Produk yang dihasilkan telah divalidasi oleh beberapa pakar (pakar RME, disain instruksional, dan bahasa) dan telah memenuhi kriteria validitas. Semua produk juga telah diujicobakan secara one-to-one, small group, dan field test sehingga memenuhi kriteria praktikalitas. Luaran penelitian tahun I adalah 5 (lima) HLT beserta Buku Guru, dan Buku Kerja Siswa yang valid dan praktis, 2 (dua) publikasi pada prosiding internasional terindeks, 3 (tiga) publikasi pada seminar internasional (telah terlaksana), 1 (satu) publikasi sebagai invited speaker (ICM2E conference), serta 1 (satu) mahasiswa S2 anggota penelitian telah menyelesaikan studi. Pada tahun II dilakukan assessment phase untuk menyelidiki dampak potensial dari LIT yang telah dikembangkan. Untuk itu, tiap LIT dimplementasikan di beberapa SMP/MTs dan SMA/SMK di Sumatera Barat. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, analisis hasil kerja siswa/mahasiswa, dan tes. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil assessment phase secara umum menunjukkan bahwa tiap LIT yang telah dikembangkan memenuhi kriteria efektif dan memberikan dampak positif terhadap kemampuan matematis siswa. Luaran penelitian tahun II adalah 5 (lima) HLT beserta Buku Guru, dan Buku Kerja Siswa yang valid, praktis, dan efektif, serta 4 (empat) publikasi pada konferensi internasional terindeks. Luaran tambahan yang dihasilkan adalah selesainya 1 (satu) mahasiswa S2. Perkembangan studi ketiga mahasiswa S3 yang terlibat dalam penelitian ini adalah satu mahasiswa akan ujian tertutup, satu mahasiswa akan seminar hasil, dan satu mahasiswa sedang mengumpulkan data penelitian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:09
Last Modified: 29 Dec 2020 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item