Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbasis ICT Terintegrasi Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Pemecahan Mahasiswa

Murni, Dewi and Helma, Helma and Mirna, Mirna (2018) Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbasis ICT Terintegrasi Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Pemecahan Mahasiswa. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_332_lapakh_lAPORANAKHIRdewimurnipenelitian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kalkulus merupakan mata kuliah wajib pada semua mahasiswa Tingkat Tahun Pertama (TPB) di FMIPA UNP (jurusan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), karena matakuliah ini memberi dasar pengetahuan untuk mata kuliah berikutnya. Oleh sebab itu diperlukan penguasaan sangat baik oleh mahasiswa, namun kenyataannya sebagian besar mahasiswa nilainya masih belum memuaskan (nilai C,D, dan E). Beberapa penyebabnya antara lain: materi matematika belum dikaitkan dengan masalah kontekstual sehingga proses pembelajaran menjadi kurang menarik, selain itu mahasiswa belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang sangat pesat untuk membantu pemahaman konsep-konsep materi Kalkulus, seperti : pembuatan grafik , penghitungan turunan dan integral serta aplikasinya, danlain-lain. Untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangkan bahan ajar Kalkulus yang berbasis ICT terintegrasi masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan Masalah mahasiswa. Tujuan khusus penelitian adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari Bahan Ajar Kalkulus yang berbasis ICT terintegrasi masalah kontekstual untuk meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah mahasiswa serta melihat efektifitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yaitu suatu metode untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut. Langkah penelitian mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal dari produk, uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, dan desiminasi. Instrumen pengumpul data dalam penelitian mencakup lembar uji validitas, lembar uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian adalah terciptanya sebuah bahan ajar Kalkulus Berbasis ICT Yang Terintegrasi Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa yang valid, praktikal dan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:50
Last Modified: 28 Dec 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item