Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan M-APOS untuk Meningkatkan Daya Matematis Siswa SMP

Yerizon, Yerizon and Armiati, Armiati (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan M-APOS untuk Meningkatkan Daya Matematis Siswa SMP. Project Report. Pascasarjana UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_337_lapakh_LaporanAkhirPenelitianYerizon1.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian tahun pertama sudah dihasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) matematika matematika SMP dengan pendekatan M-APOS yang valid dan praktis. Perangkat ini dikembangkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dan daya matematis siswa yang rendah. Pada tahun pertama baru dilakukan uji coba terbatas, maka pada tahun kedua dilakukan uji coba pada kelas sesungguhnya dalam bentuk ekperimen. Tujuan dari penelitian pada tahun kedua ini adalah untuk melihat efektifitas dari perangkat yang telah dihasilkan dalam skala yang lebih luas dalam bentuk penelitian eksperimen. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model Plomp. Proses pengembangan perangkat ini terdiri dari 3 fase yaitu front-end analysis/ preliminary research, development/ prototype phase dan assessment phase. Pada tahap assessment dilakukan eksperimen dengan design factorial 2x2. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan pendekatan M-APOS sedangkan kelas control diajar dengan pembelajaran konvensional dengan variable moderator adalah kemampuan awal siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur daya matematis siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:50
Last Modified: 28 Dec 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item