Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Berbasis Flow and T-form Proof dalam Melakukan Penalaran Pembuktian

H e l m a, H e l m a and Murni, Dewi (2018) Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Berbasis Flow and T-form Proof dalam Melakukan Penalaran Pembuktian. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_338_lapakh_LAPORANAKHIRHELMA2018.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Analisis Real sangat diperlukan untuk mahasiswa calon sarjana matematika maupun pendidikan matematika. Mata kuliah ini bertujuan membentuk dan melatih penalaran rasional dan intuitif mahasiswa. Kenyataan menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan mengembangkan penalaran dalam memproses suatu pembuktian terhadap permasalahan yang diberikan, menstrukturkan pola pikirnya secara logis dalam melakukan analisis pendahuluan, melihat hubungan antar definisi dan teorema, dan hirarkhis keterurutannya. Dengan kata lain, mereka kesulitan dalam melakukan proses analisa berpikir dalam melakukan suatu penalaran pembuktian. Penyelesaian dari suatu pembuktian yang disajikan pada kebanyakan buku tidak memberikan secara jelas bagaimana proses penalarannya, sehingga mahasiswa tidak memahami analisa berpikirnya. Akibatnya, pembelajaran Analisis Real yang diberikan kurang bermakna bagi mahasiswa. Hal ini merupakan penyebab rendahnya minat dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan Analisis Real. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangkan bahan ajar bahan ajar Analisis Real berbasis Flow and T-Form Proof dalam melakukan penalaran pembuktian. Tujuan khusus penelitian adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yaitu suatu metode untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut. Langkah penelitian mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal dari produk, uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, dan desiminasi. Instrumen pengumpul data dalam penelitian mencakup lembar uji validitas, lembar uji kepraktisan, lembar observasi sikap dan motivasi, dan lembar tes hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear, dan analisis perbandingan. Hasil penelitian adalah berupa bahan ajar Analisis Real berbasis Flow and TForm Proof. Bahan ajar yang dihasilkan berdasarkan pendapat ahli sudah valid. Begitu pula halnya, setelah diujicoba terbatas, bahan ajar tersebut praktis digunakan, dan efektif dapat membantu mahasiswa dalam melakukan penalaran pembuktian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:50
Last Modified: 28 Dec 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item