Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Mata Pelajaran Fisika SMA Berbasis Nilai-nilai Karakter dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Implementasi Kurikulum 2013

Murtiani, Murtiani and Darvina, Yenni (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Mata Pelajaran Fisika SMA Berbasis Nilai-nilai Karakter dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Implementasi Kurikulum 2013. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_383_lapakh_LaporanAkhirPTUPT2018Murtiani.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Telah berhasil dikembangkan perangkat pembelajaran Fisika SMA Kelas X untuk 9 Kompetensi Dasar (KD). 9 KD dibuat dalam bentuk perangkat interakti menjadi 5 buah produk dalam bentuk CD interaktif. Kelima CD interaktif tersebut melibatkan 10 orang mahasiswa S1 Pendidikan Fisika dan sudah ditulis dalam bentuk laporan skripsi sebanyak 9 buah, sedangkan satu lagi sedang proses penyelesain. Sesaui dengan rancangan penelitian dan perangkat yang dikembangakan maka penelitian ini mengikuti tahapan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan KD-KD yang sudah dikembangkan maka 4 buah produk sudah selesai diuji cobakan baik dalam skala terbatas maupun dalam skala luas dalam bentuk penelitian eksperiemen. Untuk satu produk lagi dalam proses penyelesaian penelitian eksperimen tahap akhir untuk mendapatkan data efektivitas dan praktikalitas, Hasil-hasil penelitian tahun II sudah dipublikasikan pada lima buah jurnal ber ISSN Pillar of Physics Education (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis), 1 buah artikel pada SEMIRATA Mei 2018 di Medan dan 1 buah artikel pada seminar internasional 3rd ICOMSET, 4-5 Oktober 2018 dengan prosiding internasional terindeks Scopus (IOP Proceedings). Selain itu saat ini satu buah artikel tersebut, saat sedang disiapkan untuk publikasi pada jurnal Pendidikan Fisika Indonesia ISSN 1693-1246 Terakreditasi Dikti No.81/Dikti/Kep/ 2011, dan Draft Buku Teks Fisika SMA yang memiliki ISBN.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:50
Last Modified: 28 Dec 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item View Item