Pengembangan Buku Siswa dan Guru IPA Terpadu Berbasis Riset dengan Tematik Terintegrasi Nilai- nilai Religius sebagai Upaya Menghasilkan Insan yang Beriman, Cerdas dan Terampil

Gusnedi, Gusnedi and Ratnawulan, Ratnawulan (2018) Pengembangan Buku Siswa dan Guru IPA Terpadu Berbasis Riset dengan Tematik Terintegrasi Nilai- nilai Religius sebagai Upaya Menghasilkan Insan yang Beriman, Cerdas dan Terampil. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_387_lapakh_LaporanakhirRisetTerapanGusnedi2018.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa di sekolah menengah tingkat pertama adalah kesulitan menemukan buku ajar IPA yang mengandung konsep keterpaduan antara bidang ilmu biologi, fisika dan kimia. Keterpaduan itu dapat terlaksana kalau setiap kompetensi dasar diikat dengan suatu tema melalui model pembelajaran yang sesuai. Di sisi lain, perlu ada upaya, bagaiman menciptakan siswa dari dini sebagai insan yang religius, cerdas dan terampil, salah satunya mengintegrasikan nilai-nilai religius ke dalam buku ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah: mengembangkan buku ajar IPA terpadu berbasis riset dengan tematik terintegrasi nilai- nilai religius yang valid, praktis dan efektif. Untuk tahun pertama difokuskan kepada pengembangan buku siswa dan tahun kedua difokuskan untuk mengembangkan buku guru. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (fase prototipe) dan assessment phase (fase assessment). Hasil penelitian tahun pertama adalah dihasilkan satu draf buku siswa IPA Terpadu dengan tema kelistrikan pada Tubuh manusia. Luaran penelitian pada tahun pertama adalah: pertama, sebuah buku ajar siswa IPA terpadu berbasis riset dengan tematik terintegrasi nilai- nilai religius yang valid, praktis dan efektif. Buku ini sedang dalam proses pendaftaran ke HKI utntuk mendapatkan pengakuan atas hak ciptanya. Kedua, artikel yang telah diseminarkan pada seminar internasional (IComset) dan ditelah diterbitkan pada prosiding terindeks Scopus. Luaran penelitian pada tahun kedua adalah : pertama, sebuah buku ajar guru IPA terpadu berbasis riset dengan tematik terintegrasi nilai- nilai religius yang valid, praktis dan efektif. Kedua, submitted di Jurnal nasional. Ketiga: publikasi diseminar internasional ICRLP terindeks Scopus. Keempat, dihasilkan 2 skripsi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:49
Last Modified: 28 Dec 2020 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item