Pengaruh Latihan Standing Barbell Curls dan Triceps Extension terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan Atlet Gulat Kabupaten Pesisir Selatan

Sabillah, Muhamad Ichsan (2020) Pengaruh Latihan Standing Barbell Curls dan Triceps Extension terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan Atlet Gulat Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUHAMAD_ICHSAN_SABILLAH_16089009_1620_2020.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kekuatan otot lengan atlet gulat Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan standing barbell curls dan triceps extension terhadap peningkatan kekuatan otot lengan atlet gulat Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet gulat Pesisir Selatan sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu atlet gulat putra Pesisir Selatan sebanyak 10 orang. Instrumen penelitian dilakukan dengan mengangkat suatu beban yang hanya mampu diangkat 1 kali, atau dinyatakan kemampuan (kekuatan maksimum) dengan menggunakan barbell, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa latihan standing barbell curls dan triceps extension memberikan pengaruh yang berarti terhadap kekuatan otot lengan. Dimana rata- rata pre test kekuatan otot lengan sebesar 29,9 kg sedangkan post test nya meningkat menjadi 32,3 kg. Kemudian diperoleh uji beda mean (uji t) sebesar thitung 7,894 sedangkan ttabel sebesar 1,833 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 10, maka thitung > ttabel (7,894> 1,833), maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan standing barbell culrs dan triceps extension terhadap peningkatan kekuatan otot lengan pada atlet gulat Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:49
Last Modified: 28 Dec 2020 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item