Kontribusi Keseimbangan dan Body Mass Index (BMI) terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota.

Putri, Mega Mulya (2020) Kontribusi Keseimbangan dan Body Mass Index (BMI) terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MEGA_MULYA_16086364_3835_2020.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah belum optimalnya gerak dasar lokomotor siswa Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Beberapa Kenyataan yang teramati seperti: masih ada di antara siswa belum mampu berlari dengan keseimbangan dan Body Mass Index (BMI) tubuh yang baik. artinya siswa belum memiliki keterampilan gerak dasar lokomotor yang optimal karena teramati masih ada siswa yang melakukannya tidak serius, banyak yang duduk atau diam dan berbicara dengan temannya. penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui kontribusi keseimbangan dan Body Mass Index dengan kemampuan lokomotor siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. J enis penelitian ini adalah penelitian korelasional dimana penulis akan melihat hubungan keseimbangan dan BMI terhadap kemampuan gerak lokomotor siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah: 1) Stork Stand test untuk mengukur keseimbangan, 2) tes antropometri untuk mengukur Body Mass Index, dan 3) Tes TGMD-2 untuk mengukur kemampuan gerak dasar lokomotor. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana atau product moment dan dilanjutkan dengan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat kontribusi keseimbangan sebesar 34,57% terhadap kemampuan lokomotor siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten LimaPuluh Kota. 2) Terdapat kontribusi Body Mass Index sebesar 29,94% terhadap kemampuan lokomotor siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. 3) Terdapat kontribusi keseimbangan dan Body Mass Index sebesar 41,04% secara bersama-sama terhadap kemampuan lokomotor siswa Sekolah Dasar Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata Kunci: Gerak, Lokomotor 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:28
Last Modified: 22 Dec 2020 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29116

Actions (login required)

View Item View Item