Pengaruh Aktivitas Bermain Berbasis Experiential Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang

Daniati, Nadia (2020) Pengaruh Aktivitas Bermain Berbasis Experiential Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NADIA_DANIATI_16089066_2173_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan observasi pada TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang menunjukan bahwa masih banyaknya anak anak yang terlihat bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas gerak/permainan dan selain itu banyak juga anak yang cenderung malas bergerak yang disebabkan karena tidak terbiasanya melakukan aktivitas bermain baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui aktivitas bermain berbasis Experiential Learning di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi penelitian adalah seluruh murid TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang yang berjumlah sebanyak 20 orang. Teknik penarikan sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik Total Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 putri dan 13 putra. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tes keterampilan gerak dasar. Data dianalisis dengan rumus t-test. Hasil penelitian yakni, Terdapat hubungan aktivitas bermain berbasis experiential learning terhadap peningkatan keterampilan motorik anak usia dini di TK Mekar Sari Kelurahan Air Tawar Barat Padang, setelah di analisis maka diperoleh thit (6,15) > ttab (1,729).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Dec 2020 02:27
Last Modified: 22 Dec 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item