Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Siswa SMP Kelas VIII

Asrizal, Asrizal and Sumarmin, Ramadhan (2018) Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital untuk Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Siswa SMP Kelas VIII. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_392_lapakh_LaporanAkhirPPTAsrizalUNP2018.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Fenomena IPA dalam konteks dunia nyata adalah satu kesatuan. Dengan alini kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA dilakukan secara terpadu. PembelajIPA terpadu mendukung kerangka pengembangan kurikulum IPA yang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan, dan teknologi. Dengan pembelajterpadu, siswa dilatih mengembangkan literasi dalam mengkonstruksi kompetsecara aktif, autentik, bermakna, dan holistik. Pembelajaran ini relevan dengan priesensial dari pembelajaran abad ke-21. Namun kenyataan di SMP pembelajaran terpadu belum diimplementasikan dengan baik dan belum menumbuhkan literasi siSolusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangkan bahan ajar terpadu bermuatan literasi era digital untuk mendukung implementasi kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu bermuliterasi era digital yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yaitu suatu metode untmenghasilkan suatu produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut. Mpengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang terdiri dari 10 langyaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, redesain, ujicoba produk, revisi produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi prodan produk masal. Instrumen pengumpul data penelitian mencakup lembar tes teruntuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap, dan lembar penilkinerja untuk aspek keterampilan proses saintifik. Teknik analisis data untuk menhipotesis adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan homogenitas,perbandingan rata-rata atau t-tes untuk data yang memenuhi statistik deskriptif dan Mann- Whitney untuk data yang memenuhi statistik non parametrik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukan hasil penelitian ini. Hasil dari penelitian yaitu penggunaan bahan ajar IPA terpadu bermuliterasi era digital dalam pendekatan saintifik memberikan efek yang berarti terhapeningkatan hasil pembelajaran siswa siswa mencakup aspek pengetahuan, aspek sidan aspek keterampilan proses saintifik siswa pada taraf kepercayaan 95 %. Dengdasar ini, guru IPA dan siswa dapat menggunakan bahan ajar IPA terpadu bermuliterasi era digital sebagai salah satu sumber belajar dalam mata pelajaran IPA Skelas VIII.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:06
Last Modified: 17 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item